5 Manfaat Jeruk Nipis yang Belum Kamu Tahu

Jeruk nipis merupakan buah yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Buah yang memiliki cita rasa masam ini biasanya dijadikan sebagai pelengkap sekaligus penambah cita rasa pada berbagai makanan, seperti soto lamongan dan mie kocok. Air perasanya juga tidak jarang dijadikan sebagai penghilang amis pada ikan. Tapi, tahukah kamu dibalik kegunaan jeruk nipis dalam urusan dapur, ternyata buah kecil ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh?

1. Meremajakan Kulit

Siapa yang menyangka, jika kandungan vitamin C, flavonoid, dan antioksidan yang terdapat dalam jeruk nipis mampu memperkuat kolagen. Itulah mengapa jika seseorang meminum air perasan jeruk nipis bisa meremajakan kulit. 
Meskipun demikian, pastikan jika kamu tidak mengoleskan langsung perasan jeruk nipis ini ke wajah. Pasalnya, kulit wajah yang terkena langsung sinar matahari setelah dioleskan air jeruk nipis dapat menyebabkan phytophotodermatitis, kondisi dimana kulit terasa terbakar, gatal, bahkan kemerahan.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang sedang menjalani program diet, tidak ada salahnya jika mengkonsumsi air perasan jeruk nipis. Pasalnya, kandungan asam sitrat yang terdapat pada jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme. Hal inilah yang dapat membantu membakar kalori dalam tubuh, dan menyimpan sedikit lemak, juga berperan langsung dalam pembakaran lemak tubuh.
Meskipun demikian, kamu tidak boleh serta merta mengonsumsi jeruk nipis ini dengan jumlah yang banyak, atau hanya mengandalkan cara ini untuk menurunkan berat badan.  Cara ini bisa kamu lakukan sebagai selingan dalam menjalani program dietmu. Berolahragalah setidaknya 30 menit setiap hari, dan juga perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang berserat agar membantu program diet secara efektif.

3. Mengurangi Peradangan

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah jeruk nipis juga dipercaya mampu mengurangi tingkat keparahan akibat inflamasi. Seperti yang kita ketahui, bahwa penyakit seperti asam urat, rematik, maupun masalah sendi lainnya disebabkan oleh peradangan atau inflamasi yang terjadi di tubuh.banner consideration promotion bg blue 
Sehingga mengkonsumsi air perasan jeruk nipis ini dipercaya mampu mengurangi peradangan, dan meminimalisir resiko terjadinya penyakit sendi. Untuk mendapatkan manfaat dari jeruk nipis yang satu ini, kamu cukup menambah air perasan jeruk nipis pada segelas air hangat. Tambahkan sedikit gula atau madu, agar cita rasanya bertambah nikmat.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah mampu mengurangi terjadinya risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan dalam jeruk nipis mengandung sumber magnesium dan kalium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium yang terdapat di dalamnya, mampu menurunkan tekanan darah secara alami dan melancarkan sirkulasi darah, sehingga  membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.
Selain manfaat jeruk nipis di atas, penelitian yang sedang berlangsung juga menyelidiki bahwa terdapat  senyawa dalam jeruk nipis yang bernama limonin yang mungkin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat dari jeruk nipis yang terakhir adalah berperan untuk sistem imun tubuh. Ternyata buah yang bercita rasa masam ini juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh, atau sistem imunitas dari serangan berbagai virus yang sedang marak saat ini. Hal ini karena di dalam jeruk nipis, tinggi akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat memperkuat sistem imun dan membantu tubuh melawan penyakit, seperti flu, pilek, dan lain sebagainya.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Tidak hanya itu saja, manfaat jeruk nipis yang menyumbang vitamin C ini juga bisa meningkatkan produksi sel sehat yang dapat membunuh mikroba penyebab penyakit, sehingga mempersingkat lama waktu saat seseorang sakit. 
Itulah lima manfaat jeruk nipis yang wajib kamu tahu. Di era pandemi covid seperti ini, tidak ada salahnya mengkonsumsi perasan jeruk nipis untuk meningkatkan sistem imun tubuh kamu. Selamat mencoba! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami