6 Jenis Roti Sehat yang Cocok Dikonsumsi saat Diet, Tertarik Mencoba?

Roti adalah makanan yang dapat diolah menjadi berbagai sajian yang menarik dengan rasa manis maupun gurih. Namun, sayangnya tidak semua jenis roti punya kebaikan untuk tubuh. Dilansir dari MedicalNewsToday, roti yang diproses dengan banyak zat tambahan justru dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti obesitas dan jantung, sehingga konsumsinya perlu dibatasi. 

Sebagai pilihan lain, kamu bisa pilih jenis roti sehat yang lebih rendah risiko dan punya nutrisi yang lebih baik untuk tubuh. Lalu, apa saja yang termasuk jenis roti sehat? Simak penjelasannya di bawah ini, ya. 

Roti gandum utuh

Jenis roti sehat yang paling umum dikonsumsi adalah roti gandum utuh. Dilansir dari Food Data Central, setiap 100 gram roti yang dibuat dengan tepung gandum utuh rata-rata mengandung 80 kalori, 5 gram protein, 0 gram lemak, 20 gram karbohidrat, dan 3 gram serat. Roti gandum juga mengandung berbagai mineral penting seperti selenium, mangan, kalsium, thiamin, dan fosfor. 

Selain bisa meningkatkan kebutuhan nutrisi, makan roti gandum juga telah terbukti melalui penelitian dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kronis. Mulai dari penyakit diabetes tipe 2, kanker, dan penyakit jantung. Selain itu, mengonsumsi roti gandum juga cocok untuk kamu yang sedang mengendalikan berat badan agar lebih ideal. Tidak heran, roti gandum utuh sering direkomendasikan pada menu-menu diet. 

Roti flaxseed

Jenis roti sehat lainnya yang bisa kamu temukan adalah roti flaxseed. Apakah roti flaxseed terdengar asing untukmu, Lemonizen? Flaxseed atau biji rami sebenarnya adalah jenis biji-bijian yang kaya akan serat dan lemak tak jenuh ganda. Secara alami, biji rami bebas gluten sehingga cocok untuk kamu yang memiliki penyakit celiac atau sensitif pada kandungan gluten. 

Roti multigrain

Selain gandum, masih banyak biji-bijian lain yang dapat memberikan dampak kesehatan yang baik untuk tubuh. Jenis biji-bijian utuh lainnya seperti oat, amaranth, barley, dan millet juga dapat ditambahkan pada roti untuk menambah serat, protein, dan zat gizi mikro. Roti multigrain biasanya dapat mengandung lebih dari satu jenis biji-bijian utuh dan tentu lebih baik untuk dikonsumsi. 

Roti sourdough

Jenis roti sehat sourdough cukup mudah ditemukan di berbagai restoran atau kedai roti. Roti sourdough masuk ke dalam daftar jenis roti sehat karena lebih mudah dicerna dan rendah gluten. Roti sourdough juga lebih tinggi serat dan protein serta mineral sehingga dapat memberikan manfaat kesehatan pada tubuh. 

Roti oat

Selain diolah menjadi oatmeal, biji oat juga bisa diolah menjadi roti sehat. Oat merupakan biji-bijian utuh yang mengandung jenis serat khusus bernama beta glucan. Beta glucan dapat menurunkan kolesterol, menjaga gula darah agar tetap stabil, dan membantu menurunkan tekanan darah. Roti oat juga diketahui tinggi serat larut yang mampu membantu mengurangi sembelit. 

Roti kecambah

Roti kecambah atau sprouted bread adalah roti yang dibuat dari biji-bijian yang kondisinya mulai berkecambah karena panas dan lembap. Jenis roti ini lebih rendah karbohidrat, tinggi protein, dan tinggi serat. Dilansir dari Healthline, roti kecambah punya kandungan nutrisi yang tinggi akibat proses biokimia yang terjadi selama proses pembuatannya. 

Nah, di antara jenis roti sehat di atas, mana yang belum pernah kamu coba? Ceritakan di kolom komentar, yuk! 

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami