8 Manfaat Rutin Minum Air Garam Hangat Yang Harus Kamu Tahu

Sebagai salah satu bagian dari bumbu masak yang harus selalu ada di rumah, garam ternyata memiliki manfaat lain disamping fungsinya menambah rasa pada masakan. Garam bisa dikonsumsi dengan air hangat dan memiliki banyak manfaat. Air garam hangat termasuk obat alami yang memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Tentunya, hal ini berlaku bila dikonsumsi dalam batas wajar. Inilah 8 manfaat air garam dengan air hangat yang bisa kamu peroleh: 

1. Meredakan Sakit Tenggorokan 

Manfaat air garam yang pertama adalah bisa meredakan adanya gejala sakit pada tenggorokan. Sakit tenggorokan terjadi karena adanya virus atau bakteri. Biasanya kondisi ini akan membuat kamu merasa sakit ketika menelan makanan. Berkumur dengan air garam hangat bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya. Cara membuatnya, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air putih hangat. Lakukan cara ini sambil menjalani pengobatan yang diberikan dokter guna membantu pemulihan agar semakin optimal. 

2. Mengatasi Sinus

Manfaat air garam hangat selanjutnya yaitu mengatasi gejala sinus, pilek, dan alergi. Mencuci hidung menggunakan air garam dapat membantu menjaga saluran hidung terbuka sehingga dapat menghilangkan lendir kental yang sudah mengering, membersihkan sinus, menghilangkan bakteri berlebih, dan membuat hidung terasa lebih nyaman.

3. Detoksifikasi

Minum air garam hangat termasuk cara terbaik untuk membersihkan tubuh dari racun yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ internal dalam jangka panjang. Minum segelas air garam hangat sebagai minuman pertama untuk menyambut pagi hari agar mendapatkan manfaat yang maksimal bisa kamu coba.

4. Mengatasi Hidrasi

Salah satu manfaat kesehatan lain dari air garam hangat yang akan membuat kamu terkejut adalah efisiensinya dalam menjaga tubuh terhidrasi dari dalam.  Hal ini akan membantu untuk mempertahankan elastisitas kulit kamu dan menjaganya agar tetap muda dan lembut.banner consideration promotion bg blue

5. Menyembuhkan Penyakit Liver

Air garam juga memiliki manfaat lain yang mampu untuk bertarung melawan penyakit liver. Kemampuan air garam ketika masuk dalam tubuh adalah meregenerasi sel-sel hati yang rusak karena berbagai alasan seperti sirosis. Hal tersebut sangat baik untuk pengobatan penyakit liver. 

6. Memperbaiki Kualitas Tidur

Garam dapat mengurangi pengaruh kortisol dan adrenalin dalam darah yang memainkan peran besar dalam menyebabkan stres dan ketegangan. Manfaat air garam hangat mampu mengelola tingkat hormon ini sehingga dapat memberikan kamu kualitas tidur yang baik. Oleh karena itu, ketika kamu mulai susah tidur kamu hanya perlu minum air garam untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. 

7. Melawan Infeksi

Air garam terkenal dengan kemampuannya untuk bertarung melawan bakteri dengan menarik kadar air dari sel-sel bakteri. Hal ini akan menyebabkan bakteri hancur saat itu juga. Untuk itu, ketika kamu sedang sakit sebelum kamu pergi ke dokter dan mengonsumsi obat-obatan kimia, lebih baik dilakukan terapi minum air garam terlebih dahulu.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

8. Mengatasi Edema

Bagi kamu yang belum mengerti, edema adalah akumulasi cairan di dalam jaringan yang menyebabkan tangan, pergelangan kaki, kelopak mata dan bagian tubuh lainnya jadi membengkak. Edema ini disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu, kehamilan, retensi garam, alergi dan penyakit serius lainnya.
Melalui minum air garam hangat akan sangat efektif dalam menghilangkan kelebihan air yang terakumulasi dalam tubuh tersebut. Maka cobalah minum air garam setiap hari jika kamu menderita edema.
Itulah 8 manfaat air garam hangat yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan jangan lupa biasakan minum segelas air garam hangat setiap pagi agar manfaatnya bisa kamu rasakan secara maksimal! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami