8 Tips Bangkit dari Kegagalan Usaha, Agar Tidak Terpuruk Lebih Lama

Sebuah usaha tidak akan lepas dari yang namanya kesuksesan dan kegagalan. Layaknya kesuksesan, kondisi bangkrut atau gagal, tentu merupakan topik yang biasa bagi para pengusaha. Namun, ketika menghadapi kegagalan ada baiknya untuk tidak berlama-lama terpuruk. Meski tidak akan mudah, berikut ada tips bangkit dari kegagalan usaha yang penting untuk kamu ketahui!  

1. Bersiap untuk Gagal

Tips bangkit dari kegagalan usaha yang pertama adalah melakukan persiapan. Pada kenyataannya tidak semua hal bisa berjalan dengan sempurna, untuk itu ada pentingnya kamu berusaha mempersiapkan kemungkinan terburuk. Termasuk mempersiapkan kegagalan dari usaha yang sedang kamu jalani. Tanpa persiapan, saat-saat sulit bisa terasa lebih buruk dari yang kamu bayangkan. 

2. Catat Kesalahan Masa Lalu

Ketika mengelola sebuah usaha, tidak jarang seseorang akan mengalami permasalahan yang sama dan berulang. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah catat kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi. Catatan akan membantu kamu menghindari masalah yang sama terjadi di masa depan. Hal  ini juga akan meningkatkan kedisiplinan kamu terhadap banyak hal.

3. Hindari Membuat Keputusan Emosional

Ketika hal buruk sedang terjadi, seseorang rentan untuk membuat keputusan berdasarkan emosinya. Namun, hal ini sering kali menimbulkan kerugian di masa depan. Untuk itu, saat sedang dirundung emosi sebaiknya tenangkan diri dulu sebelum mengambil keputusan. Terutama bila keputusan tersebut menyangkut banyak hal. 

Baca juga: 7 Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Wajib Kamu Ketahui

4. Bertanggung Jawab

Salah satu tips bangkit dari kegagalan usaha yang paling penting dan tidak boleh kamu lewatkan adalah bertanggung jawab. Mengambil tanggung jawab atas tindakan yang telah kamu lakukan sangat penting. Tidak perlu berlarut-larut mencari orang lain yang perlu disalahkan, kamu justru bisa melakukan refleksi sendiri. Misalnya, bila kamu masih buruk dalam melakukan manajemen keuangan, kemudian usaha yang kamu jalani gagal akibat hal tersebut, jangan berusaha menyangkal. Akui kesalahan tersebut dan lanjutkan. 

5. Pisahkan Kegagalan yang Terjadi dari Dalam Diri

Dilansir dari situs Entrepreneur.com, salah satu hal yang paling sulit dilakukan saat menghadapi kegagalan adalah memisahkan kegagalan tersebut dengan diri. Bagaimana pun, setiap orang pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya, sehingga menyalahkan diri secara terus-menerus bukanlah cara yang tepat untuk menghadapi kegagalan. Perlu diingat, kamu masih memiliki kesempatan di lain waktu untuk terus mencoba. Pahami dan kenali kesalahan yang pernah kamu lakukan dan jalani hidupmu sambil terus berusaha. 

6. Tetap Percaya pada Tujuan yang Kamu Punya 

Bagi para pengusaha, kegagalan tentu adalah hal yang lumrah untuk ditemui. Namun, terjadinya kegagalan bukan berarti semua hal runtuh begitu saja. Ketika kamu memiliki visi dalam usaha yang kamu jalani, percayalah pada visi tersebut dan jangan menyerah untuk mewujudkannya. 

7. Keluar dari Zona Nyaman

Berwirausaha erat kaitannya dengan mengambil risiko. Tidak jarang, untuk menjalankan usaha yang sukses kamu perlu keluar dari zona nyamanmu. Menurut situs Careeraddict, sesekali penting untuk pemilik usaha perlu keluar dari zona nyamannya. Mungkin kamu perlu mencoba mempelajari bidang lain yang mungkin lebih menarik untukmu. Dari situ kamu akan mendapatkan pengalaman, pengetahuan dan hal-hal lainnya yang tidak kalah berharga. 

8. Mulai Lagi 

Ketika kamu sudah gagal, merasa sedih dan mengambil pelajaran, mungkin ini saat yang tepat untuk memulainya kembali. Dengan awal yang baru, kamu bisa mengidentifikasi apa saja hal yang menjadi kekuatan maupun kesalahan dalam usaha yang kamu kembangkan. Kamu juga bisa gunakan prinsip SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threats) untuk membantu menganalisis potensi usaha yang akan kamu kembangkan selanjutnya. 

Itu tadi beberapa tips bangkit dari kegagalan usaha yang perlu kamu ketahui. Perlu diingat, dalam menjalankan usaha tidak semuanya bisa berjalan sempurna. Terkadang, ada hal di luar kendali yang membawa kamu dalam kegagalan. 

Semoga Lemonizen yang sedang mengalaminya segera bisa bangkit dan kembali bersemangat memulai usaha baru, ya!

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami