Bisa Bantu Tambah Penghasilan, Ketahui 7 Kunci Sukses Bisnis Rumahan

Memulai usaha dari rumah saat ini bukan hal yang tidak mungkin dilakukan. Tidak sedikit mereka yang memilih melakukan usaha dari rumah untuk menambah penghasilan atau memang sebagai pekerjaan utama. Tanpa perlu menyediakan toko offline, kamu bisa menggarap transaksi jual beli dari ruang dapur, garasi bahkan kamar tidur. Namun, memulai bisnis rumahan memerlukan banyak strategi. Sebelum kamu memulai bisnis rumahan, cari tahu dulu apa saja yang menjadi kunci sukses bisnis rumahan. 

1. Pilih Bidang yang Paling Disukai 

Salah satu kunci sukses menjalankan bisnis rumahan adalah dengan memilih bidang usaha yang paling disukai. Ada banyak bidang usaha yang bisa kamu pilih. Misalnya produk makanan, produk kecantikan, produk fashion, jasa desain, produk olahraga atau bidang lainnya. Nah, sebaiknya pilihlah bidang yang paling kamu sukai saat ingin memulai usaha dari rumah. Pasalnya, ketika kamu menyukai suatu bidang kamu akan memiliki energi ekstra untuk menjalankan usaha tersebut. 

2. Merencanakan Keuangan 

Selain merencanakan bidang dan produk yang akan kamu jual, pikirkan juga sisi keuangan yang kamu miliki. Berapa modal yang akan kamu butuhkan untuk mulai usaha? Berapa biaya yang dibutuhkan untuk operasional nantinya? Segala aspek dari modal, keuntungan, perputaran uang, hingga lama waktu untuk balik modal perlu diperhitungkan agar usaha dapat berjalan seoptimal mungkin. 

3. Mempelajari Urusan Administrasi

Selain urusan keuangan, kunci sukses bisnis rumahan lainnya adalah urusan administrasi. Ketika mengelola bisnis rumahan, kamu akan berhadapan dengan berbagai dokumen dan administrasi. Mulai dari bukti pembayaran, surat kerjasama, surat perjanjian, dan masih banyak lagi. Pastikan kamu memahami cara mengatur urusan administrasi ini dengan baik. 

4. Menentukan Keunikan Produk

Di masa seperti sekarang ini, sudah banyak orang yang menjalankan usaha dari rumah. Tidak jarang, produk yang ditawarkan memiliki bentuk, harga, maupun kegunaan yang sejenis. Supaya bisa bersaing, kamu perlu menentukan keunikan produk yang kamu punya. Sehingga produk yang kamu tawarkan lebih menarik dan dilirik banyak konsumen. Keunikan ini bisa ditunjukkan dari kemasan, bentuk, cara jualan, hingga nilai dari produk. 

Baca juga: 6 Media Promosi Menarik yang Bantu Tingkatkan Bisnismu

5. Merencanakan Strategi Promosi 

Merencanakan strategi promosi juga merupakan salah satu kunci sukses bisnis rumahan. Strategi promosi bisa berupa diskon, giveaway, iklan, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa memanfaatkan platform marketplace dan media sosial untuk mendukung strategi promosi yang kamu punya. Tidak sedikit lho, produk yang sukses meningkatkan lewat promosi secara online. 

6. Memberikan Pelayanan Terbaik untuk Konsumen

Selain memberikan kualitas produk yang baik, kunci sukses bisnis rumahan lainnya adalah memastikan konsumen memiliki pengalaman belanja yang menyenangkan. Hal ini penting dan dapat mengundang konsumen untuk melakukan repeat order alias melakukan pembelian ulang.  Ketika konsumen memiliki pengalaman belanja yang menyenangkan, mereka dapat menjadi bahan promosi gratis bagi usaha yang kamu jalani. Di zaman sekarang, konsumen bisa menceritakan pengalaman belanja yang menyenangkan dari mulut ke mulut maupun lewat media sosial. 

7. Meminta Dukungan dari Lingkungan 

Peran keluarga dan kerabat dekat juga tidak bisa disepelekan, Lemonizen. Keluarga dan kerabat dapat membantu memberikan banyak dukungan untuk bisnis yang sedang kamu rintis. Bahkan doa dan restu dari kerabat dapat meningkatkan rasa percaya diri untuk kamu. 

Itu tadi sejumlah kunci sukses bisnis rumahan yang perlu kamu ketahui. Perlu dipahami, kesuksesan dari sebuah bisnis bukanlah hal yang instan, ada banyak perjuangan di baliknya.

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami