Jangan Diabaikan, Kenali 5 Tanda-tanda Kamu Overwork

Bekerja keras dengan maksimal demi mencapai sebuah tujuan memang hal yang bagus. Namun, jika kamu terlalu memaksakan hingga overwork tentu saja bisa memengaruhi kesehatan tubuh kamu. 

Overwork merupakan sebuah istilah ketika seseorang menjalani sebuah pekerjaan dan bekerja secara berlebihan. Terkadang, hal ini tidak disadari atau bahkan diabaikan. Padahal jika seseorang mengalami overwork dan dibiarkan saja bisa memengaruhi kesehatan tubuh secara fisik dan mental, lho. Dilansir dari laman WHO, Dr Maria Neira selaku Direktur Department of Environment, Climate Change and Health, di WHO mengatakan bahwa bekerja 55 jam atau lebih per minggu bisa menjadi bahaya kesehatan yang cukup serius. Berikut ini ada beberapa tanda overwork yang wajib kamu ketahui dan waspadai.

Kurang Tidur



Salah satu tanda-tanda overwork adalah ketika mengalami kurang tidur atau waktu tidur yang tidak berkualitas. Biasanya kurang tidur juga bisa terjadi akibat adanya rasa cemas atau adanya beban pikiran akibat pekerjaan. 

Rambut Rontok

Elizabeth Ann Shaw, MS, RDN, CLT dilansir dari laman Bustle, menyatakan harus berhati-hati terhadap kerontokan rambut. Pasalnya, rambut rontok bisa terjadi akibat kamu terlalu memiliki banyak beban pikiran hingga stres dalam kegiatan sehari-hari. Kalau Lemonizen mengalami kerontokan rambut yang cukup banyak, sebaiknya ambil istirahat dulu beberapa waktu dari pekerjaan.

Baca juga: 6 Tips untuk Atasi Culture Shock di Tempat Kerja Baru, Wajib Baca!

Daya tahan tubuh menurun



Tanda-tanda overwork berikutnya adalah ketika kamu dengan mudahnya sering terserang penyakit, misalnya pilek, batuk, demam, dan sebagainya. Itu tandanya daya tahan tubuh kamu mulai menurun akibat terlalu bekerja berlebihan. Jika sudah mengalami hal ini, sebaiknya luangkan waktu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan istirahat, mengonsumsi banyak makanan dan minuman yang sehat, dan vitamin.

Sulit konsentrasi

Lemonizen sering merasa sulit konsentrasi? Bisa jadi kamu sudah sangat kelelahan dan menjadi salah satu tanda-tanda overwork. Ketika hal tersebut terjadi, pastikan kamu mengambil waktu sejenak untuk beristirahat dari rutinitas yang dilakukan setiap hari. 

Baca juga: Inilah 7 Cara untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Sakit leher dan punggung


Adanya rasa sakit di area leher atau punggung juga bisa menjadi salah satu tanda overwork lho, Lemonizen. Bisa jadi rasa sakit tersebut akibat adanya ketegangan, kurang gerak, dan terlalu lama duduk serta bekerja di depan laptop. Sebuah studi yang dilakukan Occupational & Environmental Medicine Journal dalam laman Healthline menyatakan bahwa bekerja selama berjam-jam tanpa henti bisa meningkatkan risiko munculnya sakit punggung. Yuk, luangkan waktu sebentar untuk bangun dari tempat duduk dan berjalan-jalan sesaat.

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami