Ketahui 8 Manfaat Daun Ceri yang Baik Untuk Kesehatanmu

Ceri merupakan salah satu jenis buah yang rasanya segar dan manis. Meski kecil namun manfaatnya sangat bagus untuk kesehatan. Tak hanya buahnya saja namun daun dari buah ceri juga mempunyai kandungan yang bagus untuk membantu tubuh terjaga dengan baik kesehatannya. Meski hanya diolah dengan cara direbus saja, manfaat daun ceri banyak sekali.

1. Mengatasi Peradangan

Manfaat daun ceri yang pertama adalah untuk peradangan. Dalam daun ceri ada kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Ini merupakan salah satu vitamin yang bisa mengatasi peradangan dalam tubuh. Peradangan dalam tubuh bisa menyerang bagian mana saja, untuk peradangan yang ringan bisa berupa sariawan dan jika dibiarkan bisa menjadi radang tenggorokan.

Saat orang mengalami peradangan biasanya suhu tubuh ikut tidak stabil atau cenderung naik. Cara untuk mengatasi hal tersebut salah satunya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun ceri secara rutin sampai peradangan sembuh.

2. Membantu Mengendalikan Asam Urat

Air rebusan daun ceri juga bisa membantu mengendalikan asam urat. Sehelai daun ceri yang direbus dan air rebusan tersebut dikonsumsi secara rutin setiap hari maka perlahan asam urat akan berkurang.

3. Meredakan Flu

Flu merupakan penyakit ringan yang disebabkan oleh bakteri. Flu ini jika dibiarkan memang bisa sembuh dengan sendirinya namun bisa juga justru gejalanya menjadi lebih berat. Untuk mencegah gejala yang berat sebaiknya saat flu masih awal minum air rebusan daun ceri agar flu segera sembuh. Flu dan batuk bisa diredakan dengan daun ceri karena ada kandungan antibakteri di dalamnya.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Tak hanya untuk flu, tekanan darah yang tinggi pun bisa diturunkan agar bisa normal kembali dengan mengkonsumsi secara rutin air rebusan daun kersen ini. Pastikan untuk menyaring air rebusan supaya tidak sampai ada endapan yang ikut terminum.

5. Mencegah Penyakit Stroke

Dalam daun ceri ada kandungan atau zat yang bisa merangsang PPAR yang bisa melancarkan dan memaksimalkan metabolisme glukosa. Secara otomatis nanti tubuh pun bisa terhindar dari serangan penyakit stroke karena tidak ada penyumbatan dalam pembuluh darah yang diakibatkan dari penumpukan glukosa.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Ada kandungan yang bisa menangkal radikal bebas yang menyebabkan beragam penyakit terutama menurunkan kolesterol jahat, sehingga kesehatan jantung bisa terjaga. Kandungan antioksidan yang tinggi juga bisa mencegah efek buruk dari radikal bebas agar jantung tetap sehat.

7. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Kadar gula darah perlu dikontrol karena jika melewati batas maksimal artinya orang tersebut mengidap diabetes. Diabetes ini jika dibiarkan tentu sangat berbahaya karena bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke. Pada daun ceri ada kandungan flavonoid dan saponin yang bisa mengoptimalkan hormon insulin agar gula dalam darah bisa diproses menjadi energi dan tidak menumpuk di dalam darah.

Saat kadar gula darah meningkat cobalah untuk mengkonsumsi air rebusan daun ceri ini secara rutin setiap hari agar kadar gula bisa turun lebih cepat. Hal ini bisa juga dijadikan sebagai ramuan rutin untuk tetap menjaga kadar gula normal.

8. Mencegah Kanker

Tingginya kandungan antioksidan pada daun ceri ini bisa juga dijadikan salah satu solusi untuk mencegah kanker. Sel kanker akan sulit tumbuh jika tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh yang maksimal. Antioksidan ini bagus dalam memaksimalkan kekebalan tubuh serta menolak radikal bebas. Kanker dipicu dari efek radikal bebas yang memang cukup berbahaya untuk kesehatan.

Lalu bagaimana cara mengolah daun ceri agar mendapatkan manfaatnya? Jawabannya adalah dengan mengolahnya menjadi air rebusan. Anda cukup menyiapkan sekitar 100 gram daun ceri dan air sebanyak 1 liter. Setelah itu, rebus daun ceri dan air sampai airnya hanya tinggal setengah saja. Jika sudah, konsumsi secara rutin setiap hari satu gelas rebusan daun kersen tersebut. Jangan lupa untuk menyaringnya sebelum diminum.

Itulah berbagai manfaat daun ceri sekaligus cara mengolahnya. Banyak manfaat tubuh yang bisa didapatkan dari sehelai daun ceri dan pengolahannya juga mudah.

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami