Ketahuilah 5 Tahap-tahap untuk Melakukan Wirausaha

Lemonizen, tahukah kamu apa saja tahap-tahap melakukan wirausaha? Hal ini penting untuk diperhatikan terutama jika kamu ingin menjadi wirausahawan. Pada dasarnya, setiap orang memiliki kesempatan untuk merintis usaha sesuai dengan keahliannya masing-masing. Apalagi di era digital saat ini, peluang untuk membuat dan mengembangkan bisnis terbuka sangat lebar bagi siapa saja. Sayangnya, masih banyak orang masih ragu untuk memulainya. 

Kebanyakan berpendapat membangun dan mengelola usaha sendiri tidak semudah yang dibayangkan. Padahal, jika dilakukan secara rinci dengan tahapan yang benar, tidak sesulit yang diperkirakan. Nah, bagi kamu yang sudah siap menjalankan usaha, bisa menerapkan tahap-tahap melakukan wirausaha berikut ini:

1. Melakukan Riset

Sumber: Freepik.com/photo by tirachardz

Setiap orang yang akan memulai usaha harus melakukan identifikasi dan riset lebih dulu tentang bisnis apa yang akan mereka jalani. Riset kecil-kecilan ini meliputi riset tentang produk yang banyak diminati masyarakat, target pasar yang sesuai dengan produk, dan kompetisi di pasar juga perlu dilakukan riset terlebih dahulu. Setelah melakukan riset dengan rinci, tentu persiapan untuk merintis usaha bisa lebih matang.

2. Buatlah Perencanaan Matang

Sebelum merealisasikan ide usaha menjadi kenyataan, lakukanlah perencanaan bisnis secara rinci dan matang. Ini berguna untuk memandu kamu menjalankan usaha mulai dari tahap awal, pembentukan hingga rencana pengembangan.

Buatlah rencana usaha dan inovasi apa saja yang perlu dilakukan, mulai dari mencatat semua kebutuhan usaha, perlengkapan dan bahan baku. Cantumkan juga visi dan misi yang jelas untuk usaha yang tengah dirintis, supaya bisa membuat logo, nama usaha, hingga akun media sosial sebagai cara pemasaran.

Selain itu, pelajari juga istilah-istilah dalam usaha di kamus bahasa keuangan, supaya tidak gaptek. Lebih dari itu, langkah ini sangat penting jika ingin mencari dukungan pendanaan dari investor atau lembaga keuangan. Nantinya akan berguna agar mereka dapat memvalidasi rencana usaha sekaligus melihat prospek usaha yang dijalankan.

(Baca Juga: 8 Tips Bangkit dari Kegagalan Usaha, Agar Tidak Terpuruk Lebih Lama)

3. Rencanakan Keuangan

Sumber: Freepik.com/photo by schantalao

Tahap-tahap melakukan wirausaha selanjutnya adalah merencanakan keuangan. Untuk memulai usaha kecil memang tidak dibutuhkan banyak uang. Namun, tetap perlu suntikan investasi awal yang akan digunakan untuk menutupi pengeluaran sebelum menghasilkan keuntungan.

Oleh karena itu, penting untuk membuat perencanaan keuangan, termasuk memperkirakan kebutuhan dan pengeluaran selama satu tahun ke depan. Mulai dari biaya sewa, pemasaran, produksi, gaji karyawan, stok barang, dan sebagainya. Setelah memiliki jumlah perhitungan kasar, maka bisa memikirkan mengenai permodalan yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan menjalankannya.

4. Pilih dan Daftarkan Brand Usaha

Setelah menentukan nama brand dan rincian lainnya, daftarkan usaha kamu dan dapatkan lisensinya. Pastikan telah memikirkan semua implikasi potensial ketika memilih nama brand tersebut. Setelah itu, kamu juga bisa segera membuat website dan akun di media sosial agar usaha bisa dikenal secara online. 

(Baca Juga: 5 Kesalahan Keuangan yang Sering Dialami Entrepreneur, Cegah dari Sekarang!)

5. Atur Jadwal Evaluasi

Sumber: Freepik.com/photo by tirachardz

Mengatur jadwal evaluasi usaha penting dilakukan agar bisnis dapat terus berkembang. Maka kamu harus melakukan evaluasi, apakah produk atau jasa yang ditawarkan memiliki nilai jual yang tidak dimiliki oleh pesaing.

Selain itu, perhatikan juga jumlah permintaan pasar karena sebaik apapun produk, penjualan akan gagal jika tidak ada pembeli. Tidak lakunya dagangan berarti tidak ada keuntungan untuk usaha yang sedang dirintis. Karena itu, harus bisa mengatur jadwal evaluasi setiap periode tertentu untuk melihat perkembangan usaha dan melakukan penyesuaian yang dibutuhkan. 

Itulah tahap-tahap melakukan wirausaha agar sukses. Semua tahapan ini harus kamu jalankan agar persiapan untuk membuka suatu usaha bisa berjalan lancar. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantumu, ya!

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami